Kamis, 06 Februari 2014

Apakah Kompas masih dapat digunakan di Dalam Tanah?

Apakah Kompas masih dapat digunakan di Dalam Tanah?


Pada postingan kali ini uncategorized akan membahas tentang alat yang bernama kompas yang sering kita gunakan untuk penunjuk arah dalam navigasi darat.
Secara umum diketahui bahwa kompas mempermudah kita untuk menentukan arah dimana pun kita berada. Mengapa? Karena kedua ujung jarum kompas selalu menghadap utara dan selatan, dengan begitu kita dapat menentukan arah mata angin yang lain. Lalu, apakah kompas masih akan berfungsi jika digunakan di dalam tanah?
Pada ponsel yang kita miliki mungkin terdapat aplikasi kompas yang dapat kita gunakan dan mungkin juga tidak akan bisa bekerja di dalam tanah karena Kompas ini bergantung pada sinyal radio yang mudah terhalang oleh batu atau air. Oleh karena itu, jika dibawa ke dalam tanah tentunya akan banyak yang mengganggu sinyal radio.
Berbeda dengan kompas aplikasi ponsel, kompas tradisional yang menggunakan jarum goyah masih bisa aktif di dalam tanah. Jenis kompas ini bekerja dengan bergantung pada medan magnet yang ada membentang antara kutub utara dan kutub selatan bumi. Kekuatan medan magnet ini akan sama besar jika kompas digunakan dalam gua atau di kedalaman laut.
Namun, jarum magnet pada kompas akan rusak saat digunakan pada lingkungan yang memiliki medan kekuatan dari besi cair dalam inti bumi. Tentunya medan tersebut akan kita temui jika mengebor jauh ke bawah menuju inti bumi.
semoga dapat brmanfaat bagi kita.....

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.