Senin, 31 Maret 2014

Bagaimana Cara Virus HIV Membunuh Sel Kekebalan Tubuh Kita

Bagaimana Cara Virus HIV Membunuh Sel Kekebalan Tubuh Kita?. Para peneliti dari National Institute of Allergy and Infectious Diseases telah menemukan bagaimana cara virus HIV menghancurkan sel-sel dari sistem kekebalan tubuh kita. Virus ini menginfeksi sel-sel darah putih yang disebut limfosit T (Sel - T). HIV membunuh sel-T dengan memicu sinyal yang menyebabkan sel T untuk mati.

Ketika HIV memperbanyak diri dalam sel, gen virus bisa dimasukkan ke dalam gen dari sel inang. Hal ini ditemukan bahwa selama proses ini, enzim menjadi aktif yang membantu dalam perbaikan untai DNA yang rusak. Ketika HIV mengintegrasikan gen ke dalam gen sel-T, enzim DNA-PK memutus urutan DNA yang mengarah ke kematian sel-T. Virus HIV ini menghancurkan sel-sel yang paling penting dalam pertahanan tubuh kita terhadap infeksi. Maka dari itu HIV ini sangat berbahaya bagi penderitanya.

HIV ataupun Human Immunodeficiency Virus adalah sebuah infeksi virus yang sangat merusak di dalam sejarah manusia. Pada tahun 1981 telah lebih dari dua puluh lima jiwa yang meninggal dunia akibat dari terkena virus HIV ini.

Pada virus HIV ini bisa ditemukan dalam 2 strain (untai), yang pada HIV-1 yang menjadi strain paling umum. HIV ini diyakini berasal dari sebuah spesies primata yang ada di Afrika sub-Sahara. Yang Kedua strain HIV ini telah kebal terhadap berbagai metode pengobatan yang mengakibatkan para penelitian terus melakukan upaya untuk menemukan sebuah metode yang cukup efektif untuk dapat mengobati HIV. Akan tetapi hingga kini virus HIV tetap saja masih belum di temukan obatnya dan para penelitian masih dalam proses mencari tahu obatnya.

Cara Virus HIV Membunuh Sel Kekebalan Tubuh dan Melemahkannya ada tiga tahapan yaitu :

Tahap yang pertama dari sebuah siklus HIV ini disebut infeksi HIV akut.

Virus HIV ini terdiri dari 2 elemen RNA dan DNA dan mempunyai kemampuan untuk langsung menginfeksi sebuah sel manusia serta menggunakan komponen yang ada pada kromosom untuk dapat mereplikasi ke bagian ataupun struktur HIV.

Pada Sistem kekebalan tubuh manusia ini terdiri dari 2 jenis sel utama yakni sel B dan sel T. Pada dua jenis sel T yakni helper serta sitotoksik yang dapat terpengaruh oleh virus HIV dan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Pada Sel T helper ini berfungsi sebagai alarm bagi sel sitotoksik untuk dapat menyerang serta membunuh sel dalam tubuh yang telah terinfeksi oleh virus.

Dan sel helper ini telah terinfeksi oleh virus HIV itu sendiri dan hal ini membuat sel sitotoksik akan membunuh sel helper yang merupakan salah satu komponen penting di dalam sistem kekebalan tubuh.

Pada kondisi ini akan membuat sistem kekebalan tubuh si penderita HIV akan semakin menurun seiring berjalannya waktu.

Demikian sedikit ulasan dari kami mengenai Cara Virus HIV Membunuh Sel Kekebalan Tubuh dan Melemahkannya.
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.