Selasa, 11 Februari 2014

Schizophrenia

Serba-Serbi Schizophrenia


Pernah nonton film A Beautiful Mind yang dibintangi Russel Crow? Film yang memenangkan kategori Best Picture di Academy Award tahun 2002 silam ini mengisahkan seorang matematikawan bernama John Nash yang mengidap Schizophrenia. Apa itu Schizophrenia? Schizoprenia merupakan gangguan mental atau kelainan pada fungsi otak yang ditunjukkan dengan proses berpikir yang tak teratur dan manajemen emosional yang buruk dari penderitanya.
Sebagaimana yang dialami John Nash, penderita Schizophrenia akan merasa seolah-olah diikuti oleh sosok-sosok tertentu dan mendengar suara-suara asing yang tidak didengar orang lain. Mereka mengalami delusi aneh, halusinasi pandangan dan halusinasi pendengaran sehingga mereka merasa seperti dihantui. Perasaan-perasaan aneh ini yang mengubah tingkah laku, cara berbicara hingga mempengaruhi emosi para penderitanya sehingga menyebabkan mereka tampak depresi dan kehilangan semangat beraktivitas.
Penyebab terjadinya schizophrenia ini antara lain karena faktor genetik dimana gen diturunkan dengan cacat atau rusak. Kondisi lingkungan sosial penderita juga menjadi penyebab schizophrenia sepertiadanya trauma atau kondisi psikologis dalam lingkungan menjadi faktor resiko dalam lingkungan sosial tersebut. Penyebab lainnya yaitu penggunaan obat-obatan yang salah, seperti penggunaan narkoba dan obat penghilang stress.
Lalu bagaimana mengobati schizophrenia? Pengobatannya dapat melalui pengobatan antipsikotik untuk mengatur aktivitas reseptor sistem saraf. Namun yang terpenting adalah psikoterapi dan rehabilitasi sosial melalui bimbingan dari psikiater. Penanganan dari penderita schizophrenia harus cepat dilakukan saat gejalanya sudah muncul karena jika tak ditangani dengan cepat, penderitanya dapat mengalami kemunduran mental.
Demikian, ulasan tentang schizophrenia semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.